Mengaitkan berbagai ciri-ciri laporan investigasi dengan Berita

Ini merupakan bagian dari tugas Jurnalistik yang saya buat. Judul dari tugas kali ini adalah:
Mengaitkan berbagai ciri-ciri laporan investigasi dengan Berita “Banyak Jalan Menuju Bus Cina” dalam majalah Kompas edisi 21 maret 2014.
Semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari referensi tentang tugas jurnalistik..
Selamat membaca..









a)    Laporan investigasi harus mengungkapkan fakta baru yaitu suatu fakta yang menjadi pertanyaan publik dalam suatu peristiwa.
Menurut pendapat saya, fakta baru yang terdapat dalam laporan invetagasi “Banyak Jalan Menuju Bus Cina” adalah terdapat dalam paragraf ke-4 dalam laporan investigasi tersebut “Proyek ini disorot karena sejumlah bus ternyata rusak berat hanya sehari setelah pengoperasiannya diresmikan Jokowi pada 15 Januari 2014.” Ini dapat diartikan dalam pengadaan proyek Bus Transjakarta ini terdapat oknum panitia yang tidak beres, karena memenangkan tender dari perusahaan yang tidak berkompeten. Selain itu, terdapat pula perusahaan dadakan yang memenangkan tender besar ini. Dapat dilihat dalam paagraf ke-2 “Menurut beberapa orang yang ditemui di sekitar ruko, Saptaguna belum lama menempati kantor itu. “Baru dibuka setelah banyak wartawan datang ke sini,” kata seorang narasumber.

b)    Jurnalisme investigasi umumnya adalah laporan yang mendalam karena dibangun dari hasil riset dan reportase yang panjang.
Menurut saya berita yang terungkap dalam laporan investigasi ini cukup mendalam, jika kita melihat tanggal operasian bus Transjakarta yaitu tanggal 15 Januari 2014, sedangkan tanggal berita itu terbit adalah 23 Maret 2014. Jelas dari kedua tanggal ini wartawan tersebut membutuhkan waktu untuk memperdalam penelusuran dengan mencari bukti-bukti dari berbagai sumber.

c)    Laporan investigasi selalu mencari bukti tertulis.
Bukti tertulis yang terdapat dalam laporan inversigasi tersebut terdapat dalam paragraf ke-13 “Menurut laporan Forum Komunikasi Warga Jakarta (Fakta), Ifani menggandeng armada untuk menggarap 71 bus besar hasil kemenangan tender paket II dan IV.”

d)   Laporan investigasi tak jarang menggunakan cara-cara polisi untuk mem­bongkar kejahatan.
Hal ini juga dilakukan dalam pencarian bukti-bukti laporan investigasi ini. Wartawan Tempo mencari keberadaan PT Saptaguna Dayaprima, berdasarkan data di akta pendirian perusahaan. Selain itu ada banyak tempat juga yang dikunjungi untuk mencari berbagai bukti untuk menguatkan pendalaman berita ini. Diantaranya pergi mencari informasi ke rumah Direktur Utama Ifani , Ida Farida.

e)    Laporan investigasi terkadang menimbulkan dampak.
Tentu saja laporan investigasi ini sangat berdampak pada Indonesia. Karena Jakar-ta adalah ibukota negara Indonesia. Hal-hal buruk yang ada di Jakarta akan berpengaruh di seluruh Nusantara. Selain itu, dampak yang ditimbulkan dari penerbitan berita ni. Terdapat juga dampak dari adanya kongkalikong pengadaan tender ini. Yaitu kerugian negara miliaran rupiah. Karena ulah oknum yang tidak bertanggung-jawab, rakyat dirugikan. Seharusnya uang tersebut dapat dipakai untuk pendidikan, memperbaiki jalan yang rusak, membangun fasilitas umum. Justru masuk kekantong-kantong para koruptor.

Sumber: Majalah Kompas edisi 21 maret 2014
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar